Senin, 06 Mei 2013

Cloud Computing



Cloud Computing untuk beberapa kalangan orang memang masih hal baru yang belum dikenal, namun untuk orang-orang kalangan IT istilah ini sudah sangat umum. Menurut Wikipedia cloud computing adalah  gabungan dari pemanfaatan teknologi (komputasi) dan pengembangan berbasis internet (awan). Kalau di jelaskan dalam bahasa sehari-hari sebenarnya cloud computing itu perpindahan media server fisik ke dalam penyewaan server berbasis online. Jadi perusahaan-perusahaan yang membutuhkan server sebagai ruang penyimpanaan data tidak perlu membeli server fisik, dengan cloud computing ini perusahaan tersebut hanya perlu menyewanya pada penyedia cloud computing, sehingga dapat menghemat biaya pengeluaran perusahaan.

Beberapa Perusahaan penyedia Cloud computing adalah PT Aplikasinusa Lintasarta, PT Sigma Cipta Caraka (Telkom Sigma), PT Pasifik Satelit Nusantara, PT Astra Graphia Information Technology (AGIT), PT Infoprima Mitra Solusi, PT Menara Sinar Semesta, dan PT Biznet Networks.

Kelebihan Cloud Computing

  1. Menghemat biaya investasi awal untuk pembelian sumber daya.
  2. Bisa menghemat waktu sehingga perusahaan bisa langsung fokus ke profit dan berkembang dengan cepat.
  3. Membuat operasional dan manajemen lebih mudah karena sistem pribadi/perusahaan yang tersambung dalam satu cloud dapat dimonitor dan diatur dengan mudah.
  4. Menjadikan kolaborasi yang terpercaya dan lebih ramping.
  5. Mengehemat biaya operasional pada saat realibilitas ingin ditingkatkan dan kritikal sistem informasi yang dibangun.

Kekurangan Cloud Computing

Komputer akan menjadi lambat atau tidak bisa dipakai sama sekali jika internet bermasalah atau kelebihan beban. Dan juga perusahaan yang menyewa layanan dari cloud computing tidak punya akses langsung ke sumber daya. Jadi, semua tergantung dari kondisi vendor/penyedia layanan cloud computing. Jika server vendor rusak atau punya layanan backup yang buruk, maka perusahaan akan mengalami kerugian besar.


Refrensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar