Minggu, 07 Oktober 2012

E -Commerce


E -Commerce

DefinisiElectronic Commerce (E-Commerce): 
• E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama (Robert E. Johnson) 
• E-commerce berhubungan dengan penjualan,  periklanan, pemesanan produk yang semuanya dikerjakan melalui internet. (Gary Coulter & John Buddemeir)

Ruang Lingkup E-commerce
•Electronic Business, merupakan lingkup aktifitas perdagangan secara elektronik dalam arti luas 
•Electronic Commerce, merupaka perdagangan yang dilakukan secara elektronik, mencakup: 
  -Perdagangan Via internet 
  -Perdagangan dengan fasilitas web internet

Kerangka Dasar E-commerce
Aplikasi e-commerce disusun berdasarkan infrastruktur teknologi, yaitu kombinasi antar komputer, jaringan komunikasi dan software komunikasi.
Infrastruktur: 
a.Jasa bisnis umum (proses pembelian & penjualan) 
b.Distribusi pesan dan informasi (pengiriman & pengambilan informasi) 
c.Isimulti media dan publikasi jaringan 
d.Information Superhighway

Jenis–jenisE-Commerce
•Business to business (B2B) 
•Business to Costumer (B2C) melalui internet 
•Costumer to Costumer (C2C) 
•Government to Nation (G2N)

KomponenE-Commerce
•Electronic Data Interchange (EDI), sebagai pertukaran data antara komputer antar berbagai organisasi •Digital currency, memungkinkan user untuk memindahkan dananya secara elektronik 
•Electronic Catalogs, merupakan antarmuka grafis (GUI) yang umumnya berbentuk halaman web berisi informasi tentang penawaran produkdan jasa.

Keuntungan E-commerce 
Bagi pengelola bisnis: 
  -Perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia 
  -Efisiensi, tanpa kesalahan dan tepat waktu 
Bagi konsumen: 
  -Harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat 
Bagimanajemen:
  -Peningkatan pendapatan & loyalitas pelanggan

KelebihanE-Commerce
•Otomatisasi, menggantikan proses manual 
•Integrasi, meningkatkan efisiensi & efektifitas proses 
•Publikasi, memberikan jasa promosi & komunikasi atas produk & jasa yang dipasarkan 
•Interaksi, pertukaran data/informasi antar berbagai pihakyang akan meminimalkan “human error” •Transaksi, kesepakatan antara2 pihak untuk melakukan transaksi yang melibatkan institusi lain.

1 komentar:

  1. Hei kawan, karena kita ini mahasiswa Gunadarma, tolong ya blognya di kasih link UG, seperti www.gunadarma.ac.id, studentsite.gunadarma.ac.id dan lain lain karna link link tersebut mempengaruhi kriteria penilaian mata kuliah soft skill

    Selain itu, Yuk ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma.
    Edisi Desember 2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang untuk setiap kategori.
    link studentsite.gunadarma.ac.id

    Oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan BAAK, maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian...untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS, silahkan kunjungi link ini hanum.staff.gunadarma.ac.id

    makasi :)

    BalasHapus